Cara Menghapus File Google Drive di Android dengan Sederhana

Banyak yang bertanya bagaimana cara menghapus file Google Drive di android? Hal ini umum ditanyakan karena file Google Drive sudah terlalu penuh. Sehingga menyulitkan untuk mencari file yang dibutuhkan dengan cepat.

Google Drive sendiri merupakan sebuah layanan penyimpanan file secara online yang dimiliki oleh Google. Layanan penyimpanan ini memiliki kapasitas sebesar 15 GB. Namun, jika lama-kelamaan file tidak dihapus akan membuat ruang penyimpanan menjadi habis.

Inilah Cara Menghapus File Google Drive di Android

Google Drive sendiri dapat menyimpan berbagai bentuk file, seperti tulisan, video, foto, hingga suara. Namun, semua file itu dapat dikelompokkan oleh penggunanya supaya tidak berantakan.

Namun, apabila kapasitas penyimpanan telah selesai, Anda bisa menghapusnya dengan cara berikut ini.

  1. Langkah yang pertama adalah dengan membuka aplikasi Google Drive yang ada di ponsel android Anda
  2. Kemudian pada bagian kanan bawah tertera ‘File’ kemudian Anda bisa menggunakannya
  3. Di samping file yang akan Anda hapus kemudian ketuklah gambar ‘tiga titik’ lalu tekan hapus
  4. File tersebut belum hilang seutuhnya, hanya akan berpindah pada bagian ‘sampah’. Biasanya file yang sudah Anda pindahkan tersebut akan tetap berada di bagian sampah selama 30 hari sebelum akhirnya terhapus secara otomatis.

Inilah Beberapa Cara Mengosongkan Sampah

Sebagai catatan bahwa jika file yang Anda hapus adalah file yang dimiliki akun bersama, maka pemilik akun akan tetap dapat mengakses file yang telah Anda hapus sebelumnya. Cara ini cukup mudah untuk dimengerti.

Jika Anda ingin menghapus secara permanen, Anda bisa mengosongkan sampah dengan cara-cara berikut ini.

  1. Cara menghapus file google drive di androidsetelah masuk ke bagian sampah langkah yang selanjutnya adalah dengan mengetik menu garis tiga horisontal, kemudian pilih menu ‘sampah’.
  2. Kemudian di samping file yang ingin Anda hapus, ketuklah tiga titik horizontal, kemudian pilih ‘Hapus Selamanya’.

Cara Mengurangi Beban Penyimpanan di Google Drive

Selain dengan cara menghapus file Google Drive di android untuk mengurangi beban penyimpanan Anda bisa dengan cara-cara berikut ini. Hal ini diperlukan agar smartphone Anda dapat menampung file dalam jumlah yang banyak.

  1. Hapuslah file-file yang memiliki ukuran besar
  2. Kurangi kualitas foto yang Anda simpan
  3. Hapus e-mail yang memiliki ukuran yang besar

Cara Menghapus File Google Drive yang Tidak Dapat Dihapus

Namun, sayangnya tidak semua file yang ada di Google Drive dapat dihapus begitu saja. Biasanya terdapat beberapa file yang tidak dapat dihapus. Untuk menangani masalah ini, Anda bisa mengikuti cara menghapus file Google Drive di android yang tidak dapat dihapus berikut ini.

  1. Langkah yang pertama adalah dengan membuka aplikasi google drive yang berada di ponsel Anda
  2. Kemudian ketik ‘File’ yang berada di bagian pojok kanan bawah
  3. Pada layar ponsel Anda akan muncul berkas dan folder yang telah Anda simpan di Google Drive
  4. Langkah yang selanjutnya adalah dengan memilih berkas yang hendak Anda hapus. Kemudian ketuk tiga titik yang berada di samping file
  5. Langkah yang terakhir adalah dengan menekan klik ‘Remove’ dan berkas Anda akan terhapus
  6. Berkas yang terhapus tersebut akan dipindahkan di folder sampah dan akan tetap berada di folder selama 30 hari sebelum akhirnya terhapus secara otomatis
  7. Apabila Anda ingin menghapusnya secara permanen pada saat itu juga, Anda bisa langsung mengosongkan bagian sampah seperti yang telah dijelaskan di atas

Namun, terkadang bingung file manakan yang hendak dihapus karena hampir semua file yang tersimpan merupakan file yang penting. Sebenarnya cara menghapus file Google Drive di android ini mudah untuk dilakukan.