3 Rekomendasi Cara untuk Cek Masa Aktif IM3

Bagi pengguna Indosat melakukan cek masa aktif IM3 adalah hal yang perlu. Karena jika tidak dilakukan bisa menyebabkan kartu diblokir atau nonaktif. Selain itu pengguna jika menggunakannya lagi harus membeli lagi atau mengaktifkan dengan datang ke GraPARI.

Dalam melakukan cek masa aktif, bisa dilakukan dengan banyak cara. Yang paling umum dilakukan sebelum kedatangan smartphone yaitu dengan kode USSD. Karena ponsel jadul tanpa ada akses internet bisa melakukan hal tersebut.

Inilah Cara Cek Masa Aktif IM3

Dengan perkembangan zaman, ada beberapa cara untuk cek masa aktif kartu IM3, melalui kode USSD, aplikasi atau dengan website. Lebih lengkapnya yang bisa disimak adalah sebagai berikut ini.

1. Dengan kode dial/USSD/UMB

Cek masa aktif IM3 merupakan yang paling mudah dan cukup simpel. Karena cukup dengan mengetik kode melalui menu panggilan, dan salam beberapa detik masa aktif IM3 akan terlihat secara jelas.

Untuk kode dial atau USSD yang dipakai mengecek kartu IM3 yaitu *123#. Untuk caranya sebagai berikut ini.

  • Pertama buka menu panggilan atau telepon.
  • Kemudian ketik *123# dan tekan panggil.
  • Tunggu beberapa detik, lalu pilih sesuai menu yang diinginkan.

Syarat utama cek masa aktif im3 yang perlu diperhatikan yaitu harus ada sinyal di kartu tersebut. Jika tidak maka akan sulit sekali menggunakan kode USSD tersebut. Maka Anda juga harus teliti.

2. Dengan Aplikasi MyIM3

MyIM3 merupakan aplikasi yang dibuat Indosat untuk memberi informasi, seperti promo, paket maupun pembelian. Selain itu, pengguna IM3 bisa menggunakan ini untuk mengecek masa aktif dengan syarat harus mendaftar terlebih dahulu nomor di aplikasi tersebut.

Menggunakan aplikasi tersebut banyak keuntungannya. Biasanya penggunaan pertama kali bisa mendapat pulsa atau kuota secara gratis. Untuk registrasi dan cek masa aktif Im3, berikut adalah cara-caranya.

  • Instal terlebih dahulu aplikasi MyIM3 melalui Play Store.
  • kemudian buka aplikasinya.
  • Jangan lupa beri izin akses untuk panggilan dan lokasi.
  • Masukan nomor IM3 dan tap verifikasi.
  • Setelah itu cek SMS masuk yang berisi kode verifikasi.
  • Lalu masukan kode tersebut dan lakukan verifikasi.
  • Setelah itu untuk mengetahui masa aktif kartu bisa langsung melihat pada halaman utama aplikasi MyIM3.

3. Dengan Melalui Website

Cara ketiga mirip dengan cara kedua, perbedaannya yaitu tanpa perlu menginstal aplikasi. Jadi pengguna cukup mengunjungi MyIM3 dengan menggunakan browser seperti Google Chrome. Jika belum registrasi bisa melakukan cara seperti di atas.

Jika sudah, langsung saja kunjungi halaman MyIM3 dan masukan nomor yang didinginkan (IM3). Tampilan situs tersebut mirip dengan aplikasi MyIM3, sehingga pengguna bisa melihat masa aktif pada halaman pertama.

Beberapa Ketentuan Masa Tenggang IM3

Sama seperti provider lainnya, masa tenggang merupakan masa dimana ketika masa aktif kartu mulai berakhir. Indosat sendiri memberi masa tenggang selama 30 hari setelah masa aktif habis. Jadi jika sudah mengetahui masa aktif, seharusnya juga langsung tahu masa tenggangnya.

Contohnya yaitu ketika masa aktif berakhir pada tanggal 31 Juli, maka masa tenggang berada antara 1-30 Agustus. Selama masa tenggang, pengguna tidak bisa menggunakan untuk aktivitas  seperti SMS atau telepon. Namun bisa untuk sekedar menerima panggilan dan SMS dari orang lain.

Selama masa tenggang dan pengguna tidak melakukan perpanjangan, maka kartu tersebut akan diblokir atau dinonaktifkan. Dan ketika ingin mengaktifkannya kembali harus melalui GraPARI yang bersangkutan.

Ada tiga cara untuk mengetahui masa aktif dari kartu IM3. Mulai dari cara jadul yaitu kode USSD, menggunakan website atau dengan aplikasi MyIM3. Semua yang sudah disebutkan bisa digunakan untuk cek masa aktif IM3.