Cara Membuat Foto Polaroid dengan Cepat dan Mudah

Bagi yang tidak memiliki kamera instan, bisa melakukan cara membuat foto polaroid yang cukup mudah dalam pembahasan ini. Polaroid identik dengan hasil foto pada kamera instan, di mana ketika memotret langsung jadi fotonya.

Ada banyak cara bisa dicoba, semisal menggunakan Adobe Photoshop untuk edit foto yang dibuat sesuai keinginan. Aplikasi atau software yang satu ini memang memiliki banyak sekali peminat.

Selain itu, dengan melakukan alternatif tersebut seseorang tidak perlu membeli kamera polaroid untuk membuat foto yang dimaksud. Cukup dengan modal foto dan melakukan teknik editing, sekarang ini sudah bisa membuat foto yang diinginkan.

Membahas Tentang Apa Itu Foto Polaroid

Sebelum melakukan cara membuat foto polaroid, terlebih dahulu Anda wajib untuk mengetahui pengertian dari polaroid. Polaroid merupakan istilah dalam fotografi yang mengacu pada sebuah brand kamera dan film dalam menghasilkan foto secara instan.

Cukup dengan kamera polaroid, Anda bisa membuat foto tanpa harus melakukan pencetakan. Kamera jenis ini menggunakan film khusus dengan nama polaroid film dan dapat menghasilkan foto berwarna dengan film polacolor.

Ukuran yang Bisa Dipakai untuk Foto Polaroid

Setelah mengetahui pengertian dari polaroid, berikutnya yaitu mengenai ukuran. Ukuran ini menjadi bagian penting untuk dipelajari dan dikuasai. Di antaranya adalah seperti beberapa daftarnya di bawah ini.

  1. 2R dengan aturan ukuran 5,6 x 8,9 cm.
  2. 3R dengan aturan ukuran 8,9 x 12,7 cm.
  3. 4R dengan aturan ukuran 10,2 x 15,2 cm.
  4. 5R dengan aturan ukuran 12,7 x 17,8 cm.
  5. 8R dengan aturan ukuran 20,3 x 25,4 cm.
  6. 10R dengan aturan ukuran 25,4 x 30,5 cm.

Inilah Cara Membuat Foto Polaroid

Dengan kemajuan zaman, dalam membuat atau melakukan foto polaroid kini tanpa menggunakan kamera polaroid bisa dilakukan. Berikut ini akan kami jelaskan tentang cara-caranya.

1. Menggunakan Website Editor

Cara membuat foto polaroid yang pertama yaitu dengan online. Ada banyak website bertebaran yang bisa dicoba, di antaranya yaitu Canva, PosterMyWall, Foto Jet, Photo Kaki, Tuxpi, Photofunia, Lunapic, dan lain sebagainya.

Untuk caranya, pertama pilih website yang sudah disebutkan. Kemudian buat akun jika diharuskan. Setelah itu tinggal memasukan foto yang ingin dijadikan polaroid, dengan begitu Anda akan mendapatkan hasil yang luar biasa.

2. Menggunakan Aplikasi Mobile

Jika cara sebelumnya tanpa menggunakan aplikasi, maka cara membuat foto polaroid kedua sebaliknya. Dalam membuat foto polaroid bisa memanfaatkan aplikasi mobile, baik android maupun iPhone. Selain itu banyak kelebihan, seperti lebih cepat, mudah, dan lain sebagainya.

Berikut adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat foto polaroid.

  • Android: PixelLab, InstaMini, VNTG, Nichi, PolaFlexx, Instax, PhotoGrid, dan lain sebagainya.
  • iPhone: Photo Collage, Pic Collge, VNTG, Nichi, Polaroid Original, Village Maker, dan lain-lain.

3. Menggunakan Aplikasi PC

Selain dengan aplikasi mobile, cara membuat foto polaroid juga bisa menggunakan aplikasi PC. Salah satunya yaitu Photoshop. Dalam membuat foto polaroid bisa menambahkan gambar multilayer, melakukan touch up sampai memberi efek manipulasi.

Photoshop sendiri merupakan software yang cukup lengkap untuk mengedit foto. Untuk caranya sebagai berikut ini.

  • Pertama buka software Adobe Photoshop di laptop maupun PC.
  • Kemudian klik create New atau Ctrl+N.
  • Lalu masukkan ukuran foto sesuai keinginan (seperti yang sudah disebutkan).
  • Kemudian, “Drag and Drop” foto yang akan diedit.
  • Setelah itu tinggal kreasikan menggunakan fitur pada software tersebut.

Dalam membuat foto polaroid agar menarik, ada beberapa tips bisa digunakan. Misalnya menggunakan fitur black and white, lomo, vintage, dan lain-lain. Dengan menggunakan tools tersebut, hasilnya akan jauh lebih memuaskan.

Foto polaroid memiliki warna vintage atau dominan dengan gelap sedikit bayangan, menggunakan flash kamera menjadi ciri khas foto polaroid, dalam mengedit menggunakan kontras lebih tajam dan menambahkan efek grain dengan sedikit noise menjadi langkah dasar.

Sekarang ini, untuk membuat foto polaroid bisa tanpa menggunakan kamera polaroid. Karena ada banyak sekali aplikasi editing yang bisa digunakan untuk melakukan cara membuat foto polaroid seperti aslinya, tentu juga dengan menggunakan beberapa teknik.