Cara Menggunakan Metatrader 4 di PC Terlengkap

Ada beberapa cara menggunakan metatrader 4 di PC yang perlu diketahui para trader pemula. Metatrader 4 atau MT4 merupakan platform perdangangan paling populer di dunia.

Karena Metatrader 4 paling sering dipakai untuk berdagang di pasar Forex. Metatrader 4 ini menawarkan berbagai alat untuk membantu Anda menganalisis harga, menempatkan serta mengelola perdagangan Anda.

Sehingga tidak heran apabila platform ini sangat populer dan banyak digunakan para trader. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara menggunakannya, jadi bagi yang masih bingung, tidak perlu khawatir.

Berikut Ini Cara Menggunakan Metatrader 4 di PC

Seperti dibahas sebelumnya, Metatrader 4 banyak digunakan oleh para trader. Di bawah ini panduan cara menggunakan MT 4 di PC, antara lain sebagai berikut :

1. Menginstall Metatrader 4

Cara menggunakan metatrader 4 di PC yang pertama tentunya Anda perlu menginstall apk tersebut terlebih dahulu. Setelah berhasil menginstal, nanti akan muncul tampilan Metatrader 4 dengan banyak komponen.

Di antaranya Market watch, untuk melihat harga Bid dan Ask dari berbagai macam pair yang tersedia. Navigator, terletak di bawah market watch, berisi data account dan script-script atau EA Anda.

Kemudian Chart, layar utama yang menampilkan pergerakan harga dari mata uang. Terminal, letaknya di bagian bawah, gunanya untuk melihat laporan keuangan, status orderan, news dan sebagainya.

Terakhir ada Signal bar status server, menandakan koneksi internet yang terdeteksi Metatrader 4 Anda. Penting untuk memastikan bagian ini menampilkan angka-angka yang selalu berubah, pastikan jangan sampai menunjukan angka 0Kb.

2. Cara melakukan order

Berikutnya kita mulai melakukan order dengan cara menggunakan metatrader 4 di PC. Untuk memulai trading, tekan F9 atau bisa juga klik kanan pada layar market watch, lalu pilih new order.

Lalu nanti akan muncul menu order pada layar PC Anda. Pada menu order ini terdapat beberapa pilihan menu. Di antaranya kolom system, volume, stop loss Anda take profit.

Serta kolom type, comment, maximum deviation, dan juga buy and sell. Dengan menggunakan metatrader 4, order bisa dibuka dengan instant execution atau bisa juga dengan pending order.

Pada menu order nanti akan terdapat tulisan intinya jarak order harus minimum 30 point dari harga market. Jika kurang dari 30 pips, maka order tidak dapat dieksekusi atau invalid.

Bila telah berhasil melalukan order, maka bagian bawah layar MT4, akan muncul keterangan. Pada kolom trader, status order yang sedang berjalan di market. Pada order ini dapat dimodifikasi.

Dengan klik kanan pada posisi order yang ingin diubah atau diset perintah trailing stopnya. Bila diklik kanan pada order, maka akan muncul beberapa pilihan menu.

Jika memilih modify or delete pada posisi aktif, akan muncul beberapa pilihan menu. Anda juga dapat memodifikasi take profit, stop less dan juga pricenya dengan mudah sesuai keinginan.

3. Cara close order

Cara menggunakan metatrader 4 di PC yang berikutnya, kita akan membahas cara close order. Cara melakukan close order tidak hanya sekeder klik close pada menu modifikasi order.

Di sini bisa menutup posisi order yang telah dibuka dengan memecah atau membagi lot order. Sedangkan bila Anda ingin melihat laporan transaksi, Anda bisa memilih account history pada baris trade.

Terdapat pilihan kustomisasi view history bila klik kanan salah satu kolom history transaksi. Mengenai menu lain seperti Chart, indicator, time period dan beberapa menu lainnya.

Bisa dilakukan dengan klik kanan pada layar chartnya, atau bisa juga dengan menggunakan fungsi menu di atasnya. Seperti mengatur time period, menambahkan indicator dan sebagainya.

Jadi, bagi Anda yang belum paham tentang penggunaan Metatrader 4, kini Anda sudah tidak perlu bingung. Sebab sudah ada panduan cara menggunakan metatrader 4 di PC yang mudah untuk dipraktikkan.