Cara Mengecek Sertifikat Pelaut Online dengan Mudah

Cara mengecek sertifikat pelaut online kini sudah bisa dilakukan menggunakan perangkat HP. Hal ini akan memudahkan pihak otoritas untuk memeriksa keabsahan dan keaslian dari sertifikat yang dimiliki oleh pelaut bersangkutan.

Perlu diketahui, sejumlah negara mensyaratkan para pelaut untuk memiliki ijazah atau sertifikat, dan juga BST pelaut. Ketentuan tersebut sudah menjadi regulasi yang harus dipatuhi oleh siapa saja tanpa terkecuali.

Di Indonesia sendiri memiliki mekanisme pengecekan sertifikat sendiri secara online. Bagi Anda yang masih bingung dengan proses pengecekan tersebut, silakan simak pembahasannya melalui artikel di bawah ini!

Mengenal Nomor Sertifikat dan Kode Pelaut

Sebelum membahas cara mengecek sertifikat pelaut online, sebaiknya Anda mengetahui perihal nomor sertifikat dan juga kode pelaut terlebih dahulu. Pasalnya, kedua nomor tersebut akan dibutuhkan pada saat proses pengecekan.

Perlu Anda ketahui, nomor sertifikat adalah 16 digit angka yang terletak di sebelah kanan atas sertifikat pelaut Indonesia baik online maupun offline. Setiap dokumen yang legal, tentu akan mencantumkan nomor seri ini di dalamnya.

Sedangkan kode pelaut merupakan 10 angka pertama dari nomor sertifikat tersebut. Jika nomor sertifikatnya adalah 9876543210987654, maka kode pelautnya adalah 10 digit pertama dari nomor tersebut, yaitu 9876543210.

Cara Mengecek Sertifikat Pelaut Online dengan Mudah

Pengecekan secara online ini bisa dilakukan dengan bantuan PC atau HP. Pasalnya, proses tersebut dilakukan melalui halaman sebuah situs. Untuk mengetahui prosedurnya, silakan simak langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, silakan buka browser di PC atau HP Anda.
  2. Setelah itu, kunjungi alamat situs Direktorat Jenderal Perhubungan Laut atau bisa juga melalui link berikut http://pelaut.dephub.go.id/.
  3. Setelah situs terbuka, Anda bisa memasukkan kode atau nomor sertifikat pada kolom yang tersedia.
  4. Jika sudah, klik Search.
  5. Apabila kode pelaut atau nomor sertifikatnya sudah terdaftar, maka akan muncul identitas lengkap dari pemilik seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, kode pelaut, hingga masa berlaku.

Itulah langkah-langkah cara mengecek sertifikat pelaut online yang bisa Anda ikuti. Proses di atas termasuk mudah karena bisa dilakukan melalui smartphone atau PC. Anda juga bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja asalkan ada internet.

Untuk mengecek keaslian dari ijazah, Anda hanya perlu mengarahkannya pada keterangan ijazah pelaut. Jika ijazah tersebut berhasil ditampilkan, maka dokumen yang bersangkutan dianggap sah atau asli.

Perbedaan Sertifikat Pelaut dan BST

Dokumen dari seorang pelaut terdiri dari 2, yaitu sertifikat atau ijazah dan BST. Cara mengecek sertifikat pelaut online di atas akan menampilkan kedua dokumen ini dalam keterangannya sehingga bisa dipastikan bahwa dokumen tersebut sah atau asli.

BST (Basic Safety Training) sendiri merupakan dokumen keterampilan dan keselamatan dasar di bidang kemaritiman. Dengan dokumen ini, seseorang dianggap cakap dalam menerapkan standar keselamatan kerja saat berada di atas kapal.

Sementara sertifikat keahlian pelaut merupakan ijazah atau surat izin yang harus dimiliki oleh seorang yang bekerja di atas kapal. Seseorang yang sudah dilengkapi dokumen ini dianggap sudah menguasai keahlian di bidang kelautan secara komprehensif.

Perlu diketahui, baik sertifikat maupun BST hanya memiliki masa berlaku selama 5 tahun. Keduanya harus diperpanjang secepat-cepatnya 12 bulan atau selambat-lambatnya 1 hari sebelum masa berlakunya habis.

Setiap pelaut tentu harus memiliki keterampilan dan keahlian di bidang kelautan yang ditandai dengan kepemilikan sertifikat. Cara mengecek sertifikat pelaut online sendiri sudah bisa dilakukan sehingga proses identifikasi jadi lebih mudah.