Aplikasi Video Call Terbaik pada Smartphone

Mengapa banyak orang yang mencari aplikasi video call terbaik? Salah satu alasannya karena terpisah jarak, sehingga sulit untuk bertemu secara langsung. Dengan adanya teknologi panggilan video rasa rindu akan sedikit terobati.

Jika pada zaman dahulu orang-orang hanya bisa mengetahui kabar melalui surat, perkembangan teknologi sedikit banyaknya memberikan dampak yang baik.  Pada awalnya hanya tersedia panggilan suara saja, hal itu sebenarnya sudah bisa memuaskan orang-orang.

Namun, perkembangan teknologi menciptakan aplikasi baru agar orang-orang bisa mengobrol sambil melihat wajah satu sama lain. Apalagi saat ini banyak remaja yang harus meninggalkan kampung halamannya untuk menuntut ilmu maupun bekerja di kota-kota besar.

Awal Munculnya Aplikasi Video Call Terbaik

Beberapa tahun terakhir, penggunaan panggilan yang memungkinkan saling melihat wajah satu sama lain ini terus meningkat. Efek pandemi yang mengharuskan orang-orang tetap berada di rumah dan melakukan segala kegiatannya dari rumah menjadi faktor utamanya.

Jika menelusur ke belakang, sebenarnya teknologi seperti ini bukanlah hal yang baru lagi. Pada tahun 1920-an sudah ada beberapa teknologi yang memungkinkan bertatap muka dengan orang lain, di tempat berbeda.

Namun, efek pandemi beberapa tahun terakhir ini membuat aplikasi video call terbaik bermunculan kembali. Bahkan, telah dibuat lebih baik dari versi-versi sebelumnya. Salah satu yang paling menarik adalah bisa melakukan panggilan dengan banyak orang sekaligus.

Awalnya penggunaan panggilan video hanya bisa dilakukan melalui perangkat komputer yang dikombinasikan dengan kabel telepon. Hal tersebut memungkinkan komunikasi jarak jauh melalui banyak perangkat, namun tidak fleksibel.

Seiring perkembangan teknologi, teknologi tersebut semakin praktis. Hanya membutuhkan webcam, monitor, speaker, dan mikrofon, semuanya terintegrasi ke dalam satu laptop. Seolah belum cukup puas, developer memasukkan layanan panggilan ini ke smartphone.

Apa Saja Aplikasi Video Call Terbaik?

Perkembangan teknologi yang semakin maju, membuat perusahaan-perusahaan teknologi beramai-ramai menciptakan aplikasinya. Developer terus menciptakan dan menyempurnakan app buatannya. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi video call terbaik:

1. Zoom

Sejak awal kemunculannya zoom sudah cukup menyita perhatian dan hingga saat ini masih paling diminati banyak orang. Dapat digunakan melakukan panggilan dengan 100 orang sekaligus, menjadikan zoom sering digunakan untuk meeting maupun sekolah daring.

 

Tampilan videonya juga sudah HD dan terkoneksi dengan server yang sangat cepat. Jadi, kamu tidak perlu merasa khawatir proses meeting atau belajar daring akan terganggu.

1. Google Meet

Google Meet mempunyai fitur panggilan video terenkripsi dan berlaku untuk semua sesi panggilan video. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir karena semua data pengguna akan terlindungi dari serangan spyware.

 

App ciptaan Google ini biasanya digunakan untuk mengikuti webinar maupun meeting online. Setiap orang pasti memiliki akun google, jadi jika ingin mengikuti webinar atau meeting tidak perlu lagi repot-repot untuk membuat akun.

2. Messenger

Tidak mau ketinggalan facebook juga mengeluarkan app panggilan videonya. Selain dilengkapi fitur end-to-end encryption, hal menarik lainnya adalah pengguna bisa menggunakan filter saat panggilan sedang berlangsung.

3. Instagram

App instagram juga telah menyediakan fitur untuk melakukan panggilan video individu maupun group, tapi hanya maksimal 6 orang saja. Menariknya lagi, kamu bisa menggunakan filter-filter yang ada di instagram saat sedang melakukan panggilan.

4. FaceTime

Awalnya FaceTime hanya bisa digunakan oleh para pengguna Ios, namun saat ini pengguna Android maupun Windows sudah bisa merasakan kecanggihan app satu ini. TimeFace juga mempunyai fitur shareplay sehingga penggunanya bisa nonton bersama.

Kebutuhan masyarakat akan komunikasi yang lancar didukung oleh perkembangan teknologi yang semakin cepat juga. Para developer bahkan telah menciptakan begitu banyak aplikasi video call terbaik yang bisa kamu gunakan secara gratis.