Cara Meningkatkan Kelicinan Layar Android Kurang Sensitif

Cara Meningkatkan Kelicinan Layar Android Kurang Sensitif

Cara Meningkatkan Kelicinan Layar Android – Pada umunya layar hp Android sudah di atur agar touchscreen mudah untuk ditekan. Tetapi, nyatanya hal tersebut tergantung dari tipe layar Android itu sendiri. Karena memang ada beberapa tipe layar yang kurang sensitif.

Untuk itu, hp Android yang sudah berumur lama tentunya akan mengalami yang namanya kerusakan, terutama pada layar yang bermasalah pada sensitivitasnya.

Kasus ini sebenarnya banyak di terima oleh para gamers kususnya game Free Fire. Dalam bermain game FF tentunya harus bisa bergerak cepat dan gesit. Maka dari itu, meningkatkan sensitivitas layar Android itu sangatlah penting.

Baca Juga: Cara Menstabilkan Sinyal Android, Agar Lebih Kuat!

Untuk Ponsel Smartphone yang sering terjadi masalah pada layar sentuh seperti Vivo, Samsung J7 Prime, Samsung J5 Pro, Oppo A3S, Realme 3 dan Xiaomi. Touchscreen Hp tersebut kerap sekali bermasalah ketika bermain game Free Fire.

Beda halnya dengan layar hp yang keset, layar hp yang keset biasanya disebabkan karena layar yang sudah lecet atau tipe layar yang kurang bagus. Sehingga, akan terasa berat sekali ketika hendak menggeser layar.

Nah, untuk itu disini mimin akan ngejelasin bagaimana cara meningkatkan kelicinan layar Android supaya sensitif. Kamu bisa mengikuti cara ampuh dibawah, yuk kita simak penjelasannya!

Penyebab Layar Android Tidak Sensitif


Cara Meningkatkan Kelicinan Layar Android Kurang Sensitif

Tapi sebelum kita masuk ke tutorialnya, kamu harus tahu dulu apa saja yang menyebabkan layar hp kamu tidak sensitif dan licin. Ini dia beberapa penyebab yang perlu kamu ketahui:

  • Layar sentuh tanpa pelindung atau tempered glass akan sangat mudah kotor. Selain itu juga jika terkena tetesan air sekalipun layar android akan berpengaruh bergerak dengan sendirinya.
  • Selanjutnya, jika kamu yang sering main hp sambil ngecharger, harus menggunakan charger yang ori atau asli. Karena, charger palsu akan menyebabkan arus listrik tidak stabil sehingga akan mengakibatkan layar Android tidak responsif.
  • Hp Android yang jatuh dan terbentur akan mengakibatkan sensor layar sentuh menjadi tidak responsif. Maka, kamu perlu untuk mengganti touchscreen yang rusak.
  • Pada umunya, semua hp Android mendukung Multitasking, tetapi tidak semua hp Android yang bisa menjalankan sekaligus banyak aplikasi. Semua itu tergantung seberapa besar kapasitas RAM yang dimiliki.

Gimana? Sudah tahukan apa saja yang menyebabkan layar hp kamu tidak sensitif! Selanjutnya kita akan bahas mengenai tutorial meningkatkan sensitivitas Tanpa aplikasi pelicin layar Android.

Cara Meningkatkan Kelicinan Layar HP Android 

1. Kalibrasi Layar HP

Kamu perlu melakukan yang namanya kalibrasi layar HP, tujuanya untuk mengecek dan mengetahui kerusakan pada layar android tersebut. Namu, tidak semua hp android dapat menggunakan fitur ini.
Maka dari itu, mimin sarankan untuk menggunakan bantuan aplikasi di Google PlayStore. Aplikasinya bernama Touchscreen Fixer, untuk penggunaannya gampang sekali cukup tekan mulai dan ikuti petunjuknya sampai selesai.

2. Mengurangi Skala Animasi

Cara kedua yaitu kamu haru mengurangi nilai pada skala animasi hp Android kamu. Untuk dapat mengaturnya kamu harus memunculkan terlebih dahulu menu “Opsi Pengembang“di settelan.
Setelah itu, masuk ke menu Opsi Pengembang, lalu geser kebawah hingga ada tulisan “Skala Animasi Jendela, Skala Animasi Transisi, Skala Durasi Animator
Pada menu tersebut, silahkan kamu ubah angkanya menjadi 0.5x sehingga kecepatan pada layar akan semangkin meningkat. Dengan begitu kamu akan mudah untuk menggeser layar tentunya.

3. Mengurangi Pointer Speed

Terakhir, kamu bisa coba untuk mengurangi Pointer Speed agar meningkatkan sensitivitas layar HP. Caranya ialah buka menu Settelan, cari bahasa dan masukan, buka pengaturan pointer speed atau kecepatan penunjuk.
Selanjutnya silahkan kamu geser hingga menjadi full. Dengan begitu kecepatan penunjuk pada layar smartphone kamu akan sedikit meningkat.
Mimin tegaskan sekali lagi, cara diatas tidak sepenuhnya berhasil, semua itu tergantung dari jenis layar dan perangkat Android yang kamu gunakan.

Baiklah cukup sekian tips dan trik kali ini tentang cara menambah kelicinan pada layar hp Android yang kurang sensitif. Semoga apa yang mimin berika dapat bermanfaat untuk teman-teman semua.