Dampak Positif dan Negatif Media Sosial Bagi Pelajar

 Dampak Positif dan Negatif Media Sosial Bagi Pelajar. Pada saat ini kemajuan teknologi adalah salah satu hal yang tidak bisa di hindari,  pada kehidupan sehari-hari kita sangatlah bergantung pada teknologi. Banyak sekali dampak yang di timbulkan oleh kemajuan teknologi,  ada dampak positif ada pula dampak negatif. Salah satu contoh kemajuan teknologi adalah adanya media sosial yang berbasis internet/ online.

Dengan adanya sosial media bagi pelajar menjadi masalah tersendiri. Jika seorang pelajar tidak bisa menggunakan sosial media dengan bijak maka akan membawa pengaruh negatif bagi mereka, selain pengaruh negatif media sosial juga memiliki pengaruh positif. Lalu apa saja pengaruh positif dan negatif bagi pelajar.

4 Dampak Positif Media Sosial Bagi Pelajar

1.Sebagai media bersosialisasi
Walaupun kegiatan bersosialisasi  melalui internet, namun media sosial juga sangat berpengaruh dalam membangun komunikasi para pengguna termasuk para pelajar. Apalagi 
2.Untuk membangun komunitas belajar
Selanjutnya adalah untuk membangun komunitas belajar, sebuah komunitas belajar sangat diperlukan  bagi seorang pelajar, karena dalam komunitas tersebut seorang pelajar dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman. Apalagi melalui media sosial, seorang pelajar di permudah karena tidak usah bertatap muka langung namun bisa melalui chat.
3.Untuk menambah pertemanan
Sudah banyak media sosial saat ini yang sudah menyediakan fitur pertemanan, sehingga bisa untuk mencari teman melalui media sosial tersebut. Bahkan teman yang sudah lama tidak pernah ketemu kita dapat mencarinya melalui media sosial.
4.Mengetahui perkembangan teknologi
Dampak positif lainya adalah mengetahui perkembangan teknologi, pada zaman sekarang kemajuan teknologi sangatlah cepat, maka dari itu para pelajar harus belajar lebih tentang teknologi. Jika tidak maka akan tertinggal oleh kemajuan zaman.

4 Dampak Negatif Media Sosial Bagi Pelajar

1.Keterbukaan Informasi
Salah satu dampak negatif  yaitu keterbukaan informasi, banyak sekali informasi yang ada di media sosial yang sejatinya para pelajar belum layak untuk mengetahuinya.
2.Adanya konten dewasa
Tidak bisa dihindari, keberadaan media sosial juga terdapat konten-konten dewasa yang belum bisa di konsumsi oleh para pelajar, sehingga hal tersebut sangat sangat berpengaruh memberi efek negatif pada pelajar. Apalagi para pelajar yang belum bisa memilah mana yang baik dan mana yang buruk.
3.Kecanduan media sosial
Sudah bukan rahsia umum, media sosial dapat memberikan efek negatif yaitu efek kecanduan terhadap media sosial, hal ini disebabkan karena penggunanya tidak bisa mengendalikanya. Alhasil para pelajar yang tidak bisa mengendalikan diri akan kecanduan terhadap media sosial, hal ini akan mempengaruhi kegiatan belajar.
4.Kurangya sikap sosial terhadap sekitar
Walau namanya media sosial, namun media sosial dapat mempengaruhi kepribadian penggunanya, contohnya menjadi cuek terhadap sekitar bahkan tidak peduli pada sekitarnya.
Demikianlah Dampak Positif dan Negatif Media Sosial Bagi Pelajar, semoga bermanfaat. Trimakasih banyak telah mengunjungi blog saya.