Cara Mengetahui dan Mendeteksi Virus Ponsel Android

Virus Ponsel Android. Saat ponsel pertama kali diciptakan, virus ponsel dianggap sebagai sebuah mitos. Namun itu menjadi kenyataan setelah Republik Ceko dan kelompok Slovakia yang disebut 29a menciptakan virus yang disebut Cabir dan mengirimnya sebagai bukti konsep ke beberapa laboratorium cybersecurity profesional. Ketika diinstal, virus, network worm, akan menginfeksi Symbian dan OS Series 60 melalui koneksi Bluetooth aktif dan menampilkan kata “Cabir” di layar telepon yang terinfeksi. Tapi itu belum menyebabkan kerusakan apa pun.

Virus pun semakin berkembang, beberapa contoh populer seperti:

SymOS / Kiazha.A – Trojan ransomware yang menargetkan OS Symbian dan menghapus pesan SMS yang masuk dan keluar.

CommWarrior – ancaman lain yang menyetel ulang ponsel pada tanggal 14 setiap bulannya. Dipasang sebagai paket tema, setelah tema terinstal, maka akan menonaktifkan program dan aplikasi. Ini juga mengubah semua ikon di telepon menjadi gambar Jolly Roger atau jigsaw.

Banyak ancaman semacam ini muncul sejak ponsel pintar menjadi populer. Karena penjahat dunia maya terus-menerus menemukan cara baru untuk mengelabui pengguna agar memasang perangkat lunak perusak.

Di bawah ini adalah penjelasan tentang malware/virus di Android.

Spyware – Jenis malware ini dirancang untuk secara diam-diam mengambil informasi dari ponsel, dan mengirimkannya kembali perintahke server kontrol. Spyware menyamar sebagai aplikasi legit, cyber criminal mencoba mengelabui pengguna untuk menginstalnya. Setelah diinstal, mereka mulai merekam informasi termasuk SMS / pesan teks, URL yang diramban, aktivitas aplikasi, tombol yang ditekan, nama pengguna, dan kata sandi.

Ransomware – Program jahat ini mengenkripsi dan mengunci file penting , lalu menawarkan untuk melepaskannya hanya jika membayar uang tebusan.

Worm – Ini adalah jenis virus ponsel Android yang paling mematikan. Dirancang untuk mereproduksi diri tanpa henti, worm tidak memerlukan interaksi pengguna untuk dieksekusi. Mereka umumnya masuk melalui SMS, MMS, atau media digital lainnya.

Trojan – Menyelinap melalui aplikasi yang sah dan menginfeksi ponsel setelah diinstal. Tidak seperti worm, trojan membutuhkan pengguna untuk menginstalnya sebelum mereka dapat melakukan tindakan mereka. Setelah diaktifkan, trojan dapat menonaktifkan aplikasi tertentu atau mengunci ponsel untuk jangka waktu tertentu.

Ciri-Ciri Dan Cara Mengetahui Ponsel Yang Terkena Virus

Mengetahui apakah ponsel Anda telah terinfeksi virus kadang cukup susah, tetapi gejala virus Android tertentu bisa terlihat.

Aplikasi yang sering crash – Beberapa aplikasi cenderung macet dari waktu ke waktu. Namun, jika menemukan beberapa aplikasi terlalu sering macet, mungkin saja ponsel anda sedang diserang virus.

Peningkatan penggunaan data tanpa alasan yang jelas – Hanya menggunakan paket internet untuk membuka sosial media tapi paket sangat cepat habis, bahkan saat tidak digunakan sekalipun. Itu pertanda ponsel diserang virus. Paket data mereka gunakan untuk mengupload file-file penting anda.

Iklan terus bermunculan – Iklan yang mengganggu itu dapat diblokir dengan mudah dengan browser seperti Opera. Tetapi jika mulai bermunculan ketika tidak ada aplikasi yang berjalan, maka itu sudah terinfeksi adware.

Baterai habis dalam waktu singkat – Karena sebagian besar virus ponsel tidak dioptimalkan, mereka cenderung menguras baterai lebih cepat daripada kebanyakan aplikasi lain.

Tagihan telepon membengkak – Mirip dengan penggunaan data yang tinggi, peningkatan mendadak pada tagihan telepon adalah peringatan tentang adanya virus Android.

Aplikasi asing – Banyak dari kita biasanya tidak repot-repot menjalankan pemeriksaan untuk melihat apakah aplikasi baru yang bagus itu sah atau tidak. Pengawasan yang tidak begitu ketat memberikan aplikasi palsu masuk ke ponsel.

Telepon mulai kepanasan – Meskipun mungkin ada berbagai alasan mengapa ponsel Anda kepanasan, malware sering menjadi salah satu penyebab utama.

Penutup

Oke cukup sekian artikel saya tentang Cara Mengetahui dan Mendeteksi Virus Ponsel Android semoga bermanfaat, terimakasih banyak…